Minggu, 22 Maret 2015



Android merupakan perangkat semartphone yang sangat menguras baterai. meskipun para vendor berlomba menyediakan handset dengan kapasitas baterai yang beragam, namun kunci utamanya adalah terletak pada pemakaian sipengguna smartphone tersebut.

Beberapa vendor besar seperti samsung dan HTC sudah menyuguhkan mode 'save power' yang memungkinkan pengguna agar lebih mudah dalam menghemat baterai smartphone miliknya.Secara manual, smartphone android anda bisa disetting dan dioptimalkan agar baterai bisa tahan lama.
Berikut tips yang bisa anda lakukan:

TURUNKAN RESOLUSI LAYAR

Tingkat kecerahan yang diturunkan bisa menghemat konsumsi baterai. Caranya, akses setting > display > brightness dan turunkan ke batas terendah.

MATIKAN KONEKSI BLUETOOTH

Saat anda tidak mentransfer file. Anda bisa mematikan koneksi bluetooth agar tidak terbuang percuma. Caranya, setting > bluetooth.

MATIKAN FITUR GPS

Saat anda tidak memerlukan fungsi GPS anda bisa mematikannya dengan cara melalui pengaturan (setting) manual.

STOP SINKRONISASI

Perangkat android bisa menyinkronkan data pengguna dengan akun google. Fitur ini dapat memakan baterai dan memerlukan koneksi data, untuk mengaturnya anda bisa akses setting kemudian menuju ke 'accounts'.

MATIKAN WIFI

Wifi bisa digunakan untuk mengakses internet dengan gratis saat berada diarea yang terdapat fasilitas wifi. Namun, bila anda sedang tidak menggunakannya anda bisa mematikannya agar anda dapat memperpanjang daya baterai semartphone anda. Caranya setting > wifi.

MATIKAN FITUR NFC

Apabila smartphone anda memiliki fitur NFC. Khusus os kitkat, anda dapat mematikannya dengan cara, setting > more, lalu hilangkan tanda centang NFC.

MATIKAN LAYANAN SUARA

Di android kitkat, anda bisa mematikan layanan ini dengan cara akses google setting dan menuju search and now > voice, kemudian hilangkan tanda centang deteksi 'hotword' untuk mencegah smartphone anda dari terus-menerus menunggu perintah suara 'OK Google' untuk fitur pencarian.

UNINSTAL APLIKASI YANG TIDAK DIGUNAKAN DAN YANG MEMAKAN BANYAK BATERAI

Apabila anda mempunyai aplikasi yang terinstal namun jarang digunakan, anda bisa menghapus aplikasi tersebut. sebab, meskipun anda tidak menggunakan aplikasi tersebut, aplikasi itu akan tetap berjalan dibackground. Untuk menghapus aplikasi bisa melalui setting > apps.


0 komentar:

Posting Komentar